Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta

Polda DIY Gelar Pameran dan Sosialisasi Rekrutmen Anggota POLRI download pdf


SLEMAN - Polda DIY pada tanggal 2 hingga 4 Maret 2014 akan menyelenggarakan Pameran dan Sosialisasi Rekrutmen Anggota Polri.

Karo SDM Polda DIY, Kombes Pol Baskoro Tri Prabowo, S.IK menuturkan, pihaknya sengaja mengemas acara sosialisasi tersebut dalam bentuk pameran. Hal itu bertujuan untuk menarik minat masyarakat, khususnya para generasi muda agar menimbulkan minat bergabung menjadi anggota Polri.

Sosialisasi tersebut, lanjutnya, merupakan agenda seluruh Polda di Indonesia, namun sebelumnya belum pernah ada Polda yang mengemas kegiatan tersebut dalam bentuk pameran, Polda DIY menjadi satu-satunya Polda yang menyelenggarakannya dalam bentuk pameran.

"Ini kegiatan rutin yang biasa dilakukan seluruh Polda se Indonesia serempak. Bentuk sosialisasi dengan pameran belum pernah dilakukan," kata Baskoro dalam jumpa pers di kantornya, Jum'at (28/2/2014).

Ia mengatakan, pameran tersebut akan dikemas secara komunikatif bagi masyarakat yang hadir. Tak kurang 10 stand dari berbagai satuan kerja Kepolisian akan memeriahkan acara tersebut.

Selain itu, dalam pameran tersebut akan ditunjukkan simulasi penerimaan anggota Polri, hal itu bertujuan untuk menghilangkan stigma negatif tentang rekrutmen anggota Polri.

"Dalam pameran itu akan kita tunjukkan simulasi bahwa menjadi Polisi itu gampang saja tidak ada KKN atau titip-titipan," lanjutnya.

Pada acara tersebut, pengunjung yang berminat mendaftar sebagai anggota Polri dapat juga berkonsultasi mengenai persiapan apa saja yang diperlukan agar dapat bergabung dengan Polri.
Selain itu masyarakat juga diberikan kesempatan untuk mencoba mengikuti tes psikologi, tes kesehatan mata, pemeriksaan tinggi dan berat, serta pemeriksaan tensi gratis.

Tidak sampai disitu, Polda DIY juga akan Brimob Polda DIY juga akan membuka stand yang akan menampilkan berbagai peralatan dan senjata yang dimiliki. Selain itu akan ada pemutaran film contoh kegiatan selama proses seleksi anggota Polri dari berbagai jalur.

"Didalam pameran itu ada stand SDM yang akan memberikan informasi tentang rekrutmen. Di dalam stand juga akan ada simulasi menembak air soft gun, agar pengunjung bisa kenal Brimob secara manusiawi. Akan ada komunikasi, interaksi dan humanis, itu yang ingin kita kedepankan," tambahnya.

 

« kembali